Sabtu, 08 Juni 2013

SWOT NASA


Analisis SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan ancaman, instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang bias dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka. Sebuah instrumen yang beraneka guna, yang dapat digunakan berkali-kali pada berbagai tahap proyek; membangun sebuah telaah ataui untuk pemanasan diskusi sebelum membuat perencanaan. Instrumen ini dapat diterapkan secara luas, atau sub-komponen yang kecil (bagian dari strategi) dapat dipisahkan agar kita dapat melakukan analisis yang mendetil. SWOT sering menjadi pelengkap yang berguna ketika melakukan Analisis Pemangku Kepentingan. Kedua instrumen ini adalah pendahuluan yang baik sebelum melakukan Force Field Analysis dan Influencing Mapping.
NASA adalah salah satu agency milik pemerintah Amerika yang bertujuan untuk mencari ilmu pengetahuan diluar angkasa maupun di dalam bumi. Untuk mencapai tujuan tersebut NASA haruslah mempunyai teknologi yang maju agar dapat menuju luar angkasa. Dan berikut akan saya jajarkan analisis SWOT dari NASA.
Strength (Kelebihan):
  1. mempunyai teknologi yang maju
  2. mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas
  3. pelopor perjalanan ke luar angkasa
Opportunities (Kesempatan):
  1. Lebih cepat menemukan hal-hal yang baru diluar angkasa maupun dibumi
Weakness (Kekurangan):
  1. Kalah bersaing dengan lembaga luar angkasa yang berasal dari eropa maupun jepang contoh European Space Agency, Russian Aviation and space agency dan JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency)
  2. Inovasi penelitian yang tersendat
  3. Sering menyembunyikan informasi penting untuk masyarakat Bumi
Threats (Ancaman):
  1. Bencana Alam
  2. Lembaga luar angkasa lainnya

Strategi SO: dengan adanya teknologi yang maju dan sumber daya manusianya yang berkualitas diharapkan dapat lebih cepat menemukan hal-hal baru yang berada diluar angkasa maupun yang ada di bumi. Dengan memberi inovasi pada penelitiannya.

Strategi SW: mungkin belakangan ini, inovasi teknologi yang diberikan oleh NASA tidak begitu besar. Untuk meminimalisir kejadian ini dimasa depan, sumber daya manusia yang berkualitas salah satu cara untuk mengatasinya. Sumber daya yang berkualitas sangatlah ampuh untuk memberikan inovasi dan kreatifitas bagi NASA.

Strategi ST:majunya teknologi yang dimiliki oleh NASA, sangatlah berguna untuk mengatasi bencana alam yang ada diluar bumi maupun yang ada dibumi. NASA dapat memperkirakan kapan datangnya bencana alam tersebut.



0 comments:

Posting Komentar