Selasa, 04 Juni 2013

Irobot dan Interaksi Manusia dan Komputer

Irobot adalah film Hollywood bertema Science-fiction yang disutradai oleh Alex Proyas. Film ini dibintangi oleh Will Smith dan rilis pada 16 juli 2004. Film ini menceritakan tentang detektif yang mencari tahu kasus bunuh diri seorang professor pembuat robot pada tahun 2035. Professor ini bernama Alfred Lanning. Dimana robot yang dibuat oleh Alfred Lanning ini memiliki otak buatan yang melebihi robot lainnya dan yang membuat robot ini hebat adalah robot ini memiliki hati. Detektif yang dibintangi oleh Will Smith ini, mengira bahwa professor tidak melakukan bunuh diri tetapi ada yang melakukan pembunuhan kepadanya. Polisi ini menduga bahwa yang membunuhnya adalah robot yang dibuat oleh professor tersebut yang biasa dipanggil Sonny. Di film ini banyak terjadi konflik hati yang dalam sehingga membuat penonton harus mendalami film ini.
Robot dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dalam industri seperti industry air mineral. robot sudah dipergunakan untuk menghemat waktu dan pengeluaran. Dalam perkembangannya mungkin saja robot bisa menjadi kebutuhan setiap manusia, yang tentu saja untuk mempermudah pekerjaannya. Seperti memasak, dan membawa barang belanjaan. Tapi disisi lain jika manusia terlalu mengandalkan robot, itu akan membuat manusia menjadi malas. Yang paling mengkhawatirkan adalah banyaknya pengangguran jika manusia terlalu banyak menggunakan robot.

Yang menjadi perbedaan terbesar antara manusia dengan robot adalah hati. Artificial intelligence atau otak, sudah berhasil dibuat dan mungkin saja beberapa puluh tahun kedepan otak buatan ini sudah bisa menyamai otak manusia. Tapi tentu saja butuh proses panjang untuk membuatnya. Jika Otak bisa dibuat oleh manusia, tapi hati tidak bisa atau tidak akan pernah bisa dibuat oleh manusia. Walaupun robot dibuat untuk membantu pekerjaan manusia tapi tetap manusia lah yang harus menjadi pengambil keputusan terakhir.

0 comments:

Posting Komentar