Senin, 11 Juni 2012

Manusia Dan Cinta Kasih

Silaturahmi Membawa Berkah


Cinta...Cinta..Cinta..
Penulis Bersama Keluarga
Jika kita mendengar kata tersebut maka berhubungan sekali dengan perasaan khusus. Cinta itu datang dan pergi tanpa sepengetahuan dengan kita, perasaan cinta tidak dapat dibohongi. Menurut kamus umum bahasa indonesia cinta itu adalah rasa suka kepada atau rasa sangat kasih terhadap hatinya. sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta atau menaruh belah kasihan. cinta adalah landasan penting dalam kehidupan manusia. cinta juga sebagai pengikat kokoh antara manusia dengan tuhan, sehingga sebagai makhluknya kita ikhlas dalam menyembahnya.

Setiap dua bulan sekali keluarga besar haji yahya(KBHY) mengadakan acara rutin yaitu arisan keluarga. pada tanggal 10 juni kemarin kami sekeluarga mengadakan arisan tersebut di rumah saya, yaitu di Jl.Margonda Raya Gg. H. Marsaid no. 45 RT 03/012 Kemiri Muka, Depok. Acara tersebut dimulai sehabis solat zuhur sekitar jam 1 siang. Kebanyakan keluarga yang berasal dari halim, jakarta timur. sembari menunggu keluarga yang belum datang keluarga yang datang terlebih dahulu menyantap hidangan yang telah disediakan. ada ayam goreng, mie goreng, ikan goreng, tahu, tempe, dan yang paling pamungkas yaitu jengkol balado. setelah hampir satu jam menunggu akhirnya keluarga yang datang dari halim sudah terkumpul semua. acara dimulai dengan mendengarkan membaca basmallah lalu di sepatah kata dari tuan rumah.

Lalu ada nasihat dari orang tua kepada para pemuda-pemuda agar nantinya penerus mereka dapat menjalin silahturahmi. jika kita menjalin silahturahmi maka jalinan persaudaraan kita makin erat. menjalin silaturahmi maka ia akan di panjangkan umurnya dan juga di berikan rezeki yang lebih. setelah nasihat dari orang tua acara dilanjutkan dengan sharing antar keluarga, dimana yang mempunyai masalah dapat di sharing disini. acara terakhir kembali acara makan bersama yang telah disediakan oleh tuan rumah.

Cinta memiliki peranan penting dalam kehidupan, termasuk dalam keluarga. Dalam keluarga, rasa cinta kasih yang begitu kuat baik datang baik dariorang tua yang memberikan cinta kasih kepada anak-anaknya, atau sebaliknya cinta kasih yang dimiliki anak-anaknya kepada orang tua  dan kepada saudara-saudaranya. Sekarang kita semua bisa membayangkan bahwa dengan cinta akan betapa harmonisnya suatu keluarga itu dqan akan berartinya makna dari sebuah keluarga itu sendiri.Dalam keluarga, cinta kasih yang didapatkan anak dari orang tua dan keluarganya, memiliki dampak positif terhadap tumbuh kembang anak. Anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik, ceria dan menyenangkan dan tidak sedikit dari anak-anak itu tumbuh menjadi seseorang yang berprestasi. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang di cita-citakan oleh semua orang tua di dunia ini. Namun tenyata, selain rasa cinta kasih orang tua kepada anak, ternyata rasa cinta kasih juga harus terjaga dalam hubungan suami istri.
Akan Tetapi, jika dalam suatu keluarga tidak terdapat rasa cinta kasih didalamnya maka rasa harmonis didalam keluarga akan sangat sulit untuk didapat oleh masing-masing anggota keluarga. Sebagai contoh, orang tua yang kurang memberikan cinta kasih kepada anak-anaknya , akan membuat anak-anak itu tumbuh dalam rasa kesepian, kekecewaan dan membuat anak-anak itu akan melarikan rasa kekecewaan dan rasa kesepiannya ke hal-hal yang kurang baik. Merokok, memakai narkoba dan pergaulan bebas merupakan contoh yang dapat saja dilakukan oleh anak-anak yang merasa kecewa dengan cinta kasih dalam keluarga. Lalu, hubungan yang tidak baik diantara hubungan suami-isteri, saling mencaci dan menjelek-jelekan satu sama lain juga mungkin akan terjadi akibat tidak ada jembatan cinta dan kasih sayang diantara keduanya. Maka penting bagi kita semua, sebagai manusia yang memiliki cinta, untuk menjaga rasa cinta itu, mencintai orang-orang yang kita cinta dalam keluarga.





0 comments:

Posting Komentar